Beranda > Cerita > Cerita Sangkuriang

Cerita Sangkuriang

Juni 11, 2012

Cerita Sangkuriang Sebelumnya saya telah Posting Cerita Rakyat Malin Kundang dan Cerita Bahasa Inggris, kali ini saya akan Posting Cerita Rakyat Sangkuriang.Cerita Rakyat Sangkuriang ini memang sudah tidak asing lagi ditataran sunda karena Cerita Rakyat ini berasal dari Jawa Barat dan awal Cerita dari Tangkuban Perahu.

Di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung terdapat sebuah tempat rekreasi yang sangat indah yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu artinya adalah perahu yang terbalik. Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat Parahyangan gunung itu memang merupakan.

sangkuriang1Pada zaman dahulu, tersebutlah kisah seorang puteri raja di Jawa Barat bernama Dayang Sumbi. Ia mempunyai seorang anak laki-laki yang diberi nama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu Ia berburu dengan ditemani oleh Tumang, anjing kesayangan istana. Sangkuriang tidak tahu, bahwa anjing itu adalah titisan.

dari sunda ini bercerita tentang seseorang yang bernama sangkuriang, yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri. Begitulah jadi ini seperti kebalikan dari mali kundang yang sangat durhaka. Hmmm! emang gitu ya! tapi kedua-duanya malah kena kutukan. Cerita dari indonesia ini memiliki banyak versi yang berbeda satu sama lainnya .

Cerita Rakyat Sangkuriang Diceritakan bahwa Raja Sungging Perbangkara pergi berburu. Di tengah hutan Sang Raja membuang air seni yang tertampung dalam daun caring (keladi hutan). Seekor babi hutan betina bernama Wayungyang yang tengah bertapa ingin menjadi manusia meminum air seni tadi. Wayungyang hamil dan melahirkan seorang bayi cantik.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.