Beranda > Kesehatan > Bakteri Menguntungkan

Bakteri Menguntungkan

Juni 22, 2012

Bakteri Menguntungkan – Bakteri saprofit menguntungkan karena menguraikan tumbuhan atau hewan yang mati, serta sisa-sisa atau kotoran organisme. Bakteri tersebut menguraikan protein, karbohidrat dan senyawa organik lain menjadi CO2, gas amoniak, dan senyawa-senyawa lain yang lebih sederhana. Oleh karena itu keberadaan bakteri

Sering terjadi suatu penafsiran yang keliru bahwa semua bakteri merugikan karena menimbulkan penyakit. Akan tetapi, tanpa kita sadari bahwa dari aktivitas bakteri kita dapat menikmati keuntungannya. Misalnya, bakteri pembusuk sampah dan bakteri yang berada di septic tank. Berikut ini beberapa contoh peranan bakteri yang menguntungkan.

Operasi fistula untuk membuat saluran pengambilan kotoran hewan ternak dari dalam perut tanpa menyebabkan hewan itu mati. Secara ilmiah, terbukti kandungan bakteri anaerob paling banyak berada di rumen, yaitu bagian perut pertama pada hewan pemamah biak. Bagian ini terletak di antara kerongkongan dan perut jala.Kotoran yang mengandung.

Bakteri yang mampu mengikat gas N2 dari udara langsung digunakan dalam membentuk amoniak dan ada yang membantu ketersediaan nitrogen dalam tanah. Bakteri nitrogen berperan dalam siklus nitrogen terutama pada lingkungan aerob dengan mengoksidasi amonia menjadi nitrit dan akhirnya menjadi nitrat (nitrifikasi).

Bakteri Yang Menguntungkan merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas dibandingkan mahluk hidup yang lain.Bakteri memiliki ratusan ribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat-tempat yang ekstrim.Bakteri ada yang menguntungkan tetapi ada pula yang merugikan. Bakteri memiliki .

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.